Selasa, 13 November 2012

agama, filsafat, harmoni



Penanya: MUHAMMAD SOPIYANA  (12703251010)
Penjawab: KURNIA DESYANTO SIANTURI (12703251017)
Kelas: MP A
JUDUL : AGAMA, FILSAFAT, HARMONI


1.      Agama dan filsafat itu hubungannya seperti apa?
Jawab: agama dan filsafat itu adalah dua hal yang berbeda kettika bicara agama itu pada herarki tertinggi dan filsafat itu berada pada herarki yang kita pelajari pada filsafat ilmu.
Hubungannya sama-sama mencari kebenaran agama. Agama adalah kebenarfan hakiki dan filsafat adalah kebenaran menurut berfilsafatnya masing-masing, agama itu bicara tentang hati dan fikiran kal filsafat cenderung pada hati dan fikiran. Filsafat menuntut kebenaran yang bersifat objektif terhadap siapa saja yang memandang filsafat itu kala aga merupakan suatu yang benar dan sudah pasti.
2.      Filsafat agama itu seperti apa?
Filsafat agama itu mencari kebenaran /rahsia-rahasia yang terkandung dalam agama tersebutyang memiliki nilai luhur agar dapat diterapkan  dan di mengerti dipahami bagi setiapa individu yang memahaminya .
3.      Pandangan filsafat tentang ruh itu bagaimana ?
Ruh itu terletak ditransenden dimensi 4 ruh tak bisa dijelaskan dengan kata-kata dan tak bisa dijelaskan dengan logika. Ruh itu bersifat mistis
4.      Bagaimana filsafat barat memahami tuhan?
Hidup itu adalah perbedaan dimana harus ada toleransi dan tidak adanya kesinggungan tentang tuhan dan motif atau kepentingan didalamnya cukup mempercayai dan menyakininya.
5.      Bagai mana pandangan filsafat mengenai fiqh lintas agama?
Manusia itu bisa mengerti tapi manusia tak bisa memahami hanya mengulang kesalahannya
6.      Disharmoni dalam agama itu seperti apa?
Suatu yang hakiki itu memang berada dalam posisi tertinggi dank iota wajib mempercayainya dan kita wajib mengamalkan perintanya dengan  kepercayaan masing masing.
7.      Tuhan dimata filsafat timur itu seprti apa?
Tuhan dimata filsafat timur itu bagaikan saringan ilmu pengetahuan yang sangat cermat dalam menyaring ilmu yang  baik untuk umat manusia dan yang tidak baik untuk umat manusia dan sebai rujukan manusia yang stgnan karena ilmunya itu.
8.      Perekdusian tuhan dalam filsafat itu seprti apa?
Reduksi itu pilihan dimana tuhan itu bukanlah pilihankarena dialah yang menciptakan segala sesuatu yang ada didunia baik sesuatu yang belum ada maupun sesuatu yang yang mungkin ada , tapi manusia hanyalah menciptakan sesuatu yang sudah ada.
9.      Harmoni didalam filsafat itu seperti apa?
Harmoni itu kesesuaian, keteraturan, keseimbangan yang berjalan secara beriringan sesuai tugas masing-masing hal itu terjadi karena sudah tersusun secara sistematis yang terjadi secara alamiyah.
10.  Bagai mana membuat harmoni jiwa, fikiran, ruh, nyawa, nur Muhammad, nurilahi yang ada di raga kita?
Dengan cara memikirkan melaksanakan  sesuatu sesuai dengan ruang dan waktu sedangkan yang tak terpikirkan dibuang kedalam epoke. Melaksanakan perintah dan menjahui segala larangannya yang didalamnya sudah terkandung pola hidup yang indah dan harmoni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar